Selasa, 02 Januari 2018

Tata Cara Berhijab Yang Salah

TATA CARA BERHIJAB YANG SALAH MENURUT ISLAM


Setiap muslimah diwajibkan memakai jilbab untuk menutup auratnya. Tetapi dalam berjilbab ini ternyata masih banyak yang salah, juga kadang melenceng dari syariat islam dan bila tidak mengerti cenderung menjerumus ke hal yang dilarang. Berikut adalah cara berjilbab yang banyak berkembang dikalangan muslimah tetapi sebenarnya kurang baik dan dilarang. Dalam berjilbab seharusnya para muslimah jangan mendahulukan fashion ketimbang syariat. Fashion boleh, dianjurkan malah. Allah itu indah dan mencintai keindahan. Tetapi fashion harus mengikut syariat, bukan syariat yang mengikut fashion.

Banyak model berjilbab yang mungkin tipenya bermacam macam atau sedang ngetren - ngetren nya di kalangan muslimah apalagi remaja, tetapi sayangnya dilarang. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang informasi ini, jadi bagi sahabat yang sudah mengetahuinya, berharap dapat diamalkan. 

Berikut contoh gaya berjilbab yang kurang baik :

Kesalahan gaya berhijab pada gambar di samping :
- Kain yang dipakai terlalu pendek.

Menurut riwayat Imam Tarmizi dan Nasa'i, dari Ummu Salamah r.a. "Ya Rasullullah, bagaimana perempuan akan berbuat kain - kain mereka yang sebelah bawah?".
Sabda Rasullullah SAW : "Hendaklah mereka memanjangkan barang sejengkal dan janganlah menambahkan lagi ke atasnya".





Kesalahan gaya berhijab pada gambar di samping :
- Tudung tidak menutupi dada.

Allah SWT berfirman dalam Surah An-Nur, ayat 31 bermaksud : "...hendaklah mereka tutupkan tudung (selendang) mereka ke leher dan ke dada mereka..."
Kesalahan gaya berhijab pada gambar di samping :
- Lengan baju pendek.
- Tidak bersarung kaki.
- Kain yang dipakai terlalu pendek.

"Sesungguhnya, sebilangan ahli neraka ialah perempuan - perempuan yang berpakaian tetapi yang telanjang yang condong pada maksiat dan menarik orang lain untuk melakukanmaksiat. Mereka tidak akan masuk syurga dan tidak akan mencium baunya". Riwayat Bukhari dan Muslim.

Kesalahan gaya berhijab pada gambar di samping :
-  Pakaian ketat dan menampakkan bentuk tubuh.
-  Memakai kosmetik yang berlebihan.

Rasullullah bersabda yang bermaksud : "...hendaklah kamu meninjamkan dia baju yang panjang dan longgar itu".
Allah SWT berfirman dalam Surah Al-'Araf, ayat 31 bermaksud : "...pakailah perhiasanmu pada setiap waktu sembahyang. Makanlah dan minumlah dan jangan melampaui batasan".




 Kesalahan gaya berhijab pada gambar di samping :
-  Tudung tidak menutupi dada.
-  Tidak bersarung kaki.
-  Pakaian ketat menampakkan bentuk tubuh.
-  Baju yang dipakai pendek.

"Katakanlah kepada perempuan - perempuan yang ber- iman; hendaklah mereka merendahkan pemandangan mereka dan menjaga kehormatan mereka..." Surah An-Nur, ayat 31.





 
Kesalahan gaya berhijab pada gambar di samping :
-  Lengan baju pendek.
-  Tidak bersarung kaki.
-  Kain yang dipakai berbelah di depan.

"Barang siapa yang memakai pakaian yang menjolok mata, maka Allah SWT akan memberikan pakaian kehinaan di hari akhirat nanti". Riwayat Ahmad, Abu Daud, An Nasa'i dan Ibn Majah. 






Jadi kalau kita masih menemukan teman atau saudara kita menggunakan fashion jilbab seperti di atas. Alangkah baiknya untuk sekedar memberitahu atau memberi pencerahan. Tetapi harus dengan baik - baik dengan cara yang lembut tanpa menyakiti hati saudara kita itu.

0 komentar

Posting Komentar