Kamis, 28 Desember 2017

Khasiat Buah Plum

KHASIAT BUAH

Plum

Prem (bahasa Inggris : Plum) bisa merujuk pada pohon dan buah yang memiliki nama yang sama. Prem merupakan bagian dari genus Prunus, subgenus Prunus. Subgenus ini dibedakan dengan subgenera yang lain (di dalamnya termasuk persik, ceri, dan yang lainnya) karena memiliki kuntum terminal dan kuntum - kuntum sampingannya berdiri sendiri, tidak terkumpul dalam satu bagian, bebungaannya berkelompok 1 - 5 bersama - sama dalam satu cabang pendek.
Plum tersedia dengan beragam warna dan bentuk dari 2000 lebih varietas yang berbeda. Plum secara umum dibagi menjadi tiga kelompok : Eropa – Asia (Prunus Domestica), Jepang (Prunus Salicina) dan Damson (Prunus Insititia) . China adalah penghasil utama plum yang diikuti oleh Amerika Serikat, Serbia, dan Rumania. Di AS, produksi utama buah plum terdapat di California. Selain buah segar, Plum juga telah bisa diperoleh ditoko dalam keadaan sudah diolah, yaitu plum kering atau kalengan.

Plum mengandung berbagai macam senyawa sehat, seperti berbagai vitamin dan mineral. Plum mengandung vitamin seperti vitamin A, C (asam askorbat), folat dan vitamin K (phylloquinone). Juga merupakan sumber vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B-6 dan vitamin E (alfa - tokoferol). Mineral dalam plum termasuk kalium, fluor, fosfor, magnesium, besi, kalsium dan seng. Plum juga mengandung serat makanan namun rendah kalori dan tidak mengandung lemak berbahaya.

Plum segar dan produk plum menawarkan berbagai macam manfaat bagi kesehatan, namun pembatasan dan beberapa pengecualian berikut harus dipertimbangkan sebelum mengkonsumsi plum.

Efek samping :
Oksalat : Plum mengandung oksalat yang dapat terakumulasi dan mengkristal, dapat mengakibatkan masalah kesehatan seperti ginjal, empedu atau komplikasi kandung kemih. Orang - orang yang sudah menderita kondisi tersebut harus menghindari mengkonsumsi buah plum.
Sulfit : Buah plum kering diberikan sulfit untuk mencegah oksidasi fenol, yang dapat menyebabkan warna buah berubah menjadi coklat gelap. Orang yang peka terhadap sulfit harus waspada makan buah plum, karena mungkin dapat memicu reaksi alergi, termasuk anafilaksis parah.

Interaksi obat :
Tumor Karsinoid: Tumor karsinoid akan meningkatkan jumlah serotonin dalam darah, dan buah Plum mengandung serotonin tinggi. Mengkonsumsi buah plum sebelum dilakukan tes diagnostik tumor karsinoid, dapat menyebabkan hasil positif yang palsu.

Khasiat buah Plum, antara lain :

1.  Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.
2. Dapat mengurangi tekanan dan kelesuan.
3. Baik untuk kesehatan tulang.
4. Membantu penyerapan zat besi.
5. Kaya akan anti oksidan.
6. Mencegah kanker.
7. Bagus untuk otak.
8. Anti penuan.

1 komentar: